Minggu, 01 Januari 2012

Holiday Touring to Malang, East Java

Sudah sekian lama saya berangan-angan ingin ke Malang terutama Pulau Sempu dengan keindahan Segara Anakan nya yang begitu terkenal di Media atau stasiun TV yang menayangkan tentang wisata, petualangan, backpackers, dan exploridenya..
setelah merencanakan waktu yang tepat dan Kocek yang lumayan, alhamdulillah saya bisa berkunjung kesana..
Perjalanan ini saya lakukan pada Hari senin Tanggal 26 Desember 2011 menggunakan kendaraan bermotor roda dua jenis matic, saya berangkat Dari kota Yogyakarta pada pukul 8 pagi melalui jalur Klaten, Bayat,Cawas. setelah saya melalui perjalanan yang berlubang-lubang dan tidak rata atau bergelombang melawati persawahan dengan latar belakang pegunungan yang begitu indah sekitar satu jam  setengah akhirnya saya sampai di kota Sukoharjo Jawa Tengah dan saya mampir tuk mengisi bahan bakar. setelah mengisi bahan bakar saya kembali melanjutkan perjalanan melewati ,Sukoharjo, Bendosari, Jumopolo, Jatipuro, Jatiyoso, Girimarto, Jatipurno, Slogohimo,  Purwantoro, dan setelah satu jam setengah kemudian dengan melewati jalan yang berkelok serta tanjakan di daerah pegunungan yang sejuk atau tepat Pukul 11.00, dengan perasaan yang sedikit lega karena  saya sudah sampai sampai di Kota Ponorogo, yang artinya saya sudah menginjakkan kaki di daerah Jawa Timur dan saya mampir untuk mengisi bahan bakar lagi. setelah mengisi bahan bakar, saya kembali melanjutkan perjalanan dan mampir di rumah teman di luar kota ponorogo tuk sedikit melepas lelah. Waktu sudah menunjukkan tepat pukul 13.30 dan ini waktunya untuk melanjutkan perjalanan melalui medan yang cukup sulit karena jalanan di daerah perbatasan ini berlubang, menanjak, banyak tikungan tajam dan jalan agak sempit. jalur kali ini saya melewati Siman, Mlarak, Jetis Sambit, Sawoo, Tugu, dan Trenggalek. di daerah Trenggalek saya sedikit kebingungan karena ada beberapa jalan bercabang (persimpangan jalan), tetapi dengan jeli membaca Rambu-rambu arah penunjuk jalan saya  kembali melanjutkan perjalanan, dan saya sedikit lega karena melihat ada dua kendaraan Matic juga  tetapi berpelat AE karena kode Plat nomer trenggalek AG maka saya terus mengikuti mereka. setelah sekitar 20 menit mengikuti mereka akhirnya diantara mereka ada yang mampir ke SPBU "pom bensin" saya pun ikut mengisi bahan bakar. sembari menunggu motor yang satu tadi, saya mencari salah seorang dari mereka dan menanyakan arah tujuan mereka, dan ternyata mereka juga menuju ke`arah Malang. suatu rasa syukur karena saya bertemu dengan orang yang tepat. saya pun mengutarakan maksud untuk ikut bareng mereka  menuju Malang, Ternyata dugaanku benar, mereka juga mahasiswa yang sedang melakukan PKL "praktek kerja Lapangan" di kota malang. dari Trenggalek kami melanjutkan perjalanan menuju Tulungagung melalui  Ngulah Kulon, Gembleh, Bondorejo, Pandean, Malasan, Karang Anom, Notorejo, Gondang, Waung Kepuh, dan  setelah sekitar 1 jam kami sampai di Tulung Agung, di tulung Agung, cuaca agak mendung kami mampir di SPBU untuk memakai mantel (jas hujan) sekaligus mengisi bahan bakar lagi, setelah itu kami melanjutkan perjalan melewati Sumber Gempol, Ngunut, Rejotangan, dan Blitar, Di daerah Blitar kami berpisah dengan teman yang dari Pacitan dan saya kembali melanjutkan Perjalanan melewati Gedog, Bence, Talun, Tangkil, Kesamben, Solorejo, Jatiguwi, Siorok dan masuk ke kabupaten malang setelah sekitar 2 jam. dari Kabupaten Malang, saya Menuju kota malang melalui Pakisaji. Setelah sampai di Kota Malang, saya Bingung    untuk mencari nama jalan / alamat Hotel yang telah aku browsing waktu sebelum berangkat meskipun aku sudah memegang GPS "Global Positioning System" . setelah mikir-mikir kenapa tidak menanyakan alamat tersebut sama Polisi yang berdiri di penjagaan perempatan. Beberapa saat kemudian saya kembali ke persimpangan jalan dan bertanya kepada bapak polisi itu. Alhamdulillah polisi yang bertugas di daerah malang cukup ramah dan menunjukkan kami arah menuju arah jalan yang saya tanyakan yaitu jalan kaliurang. Setelah sampai dijalan kaliurang, saya mencari hotel yang sebelumnya saya browsing yaitu Hotel ARMI di jalan kaliurang no 63 Malang. setelah Check in di hotel itu. saya beristirahat sejenak dan mandi dengan air hangat,. sungguh enak mandi dengan air hangat di daerah yang dingin. Setelah siap-siap untuk keluar mencari makan, saya bertanya kepada staff hotel tentang makanan khas mlamg yang enak yaitu Bakso. disini ada dua pilihan pilihan bakso yang sudah cukup terkenal yaitu Bakso kota ''cak Man" dan Bakso President. saya pun keluar hotel untuk berburu kuliner khas malang ini, alhamdulillah ketemu dehh. gak salah kata Mr Obama "BAKSO itu ENAK". habis makan kami pun pulang untuk Tidur di Hotel.

Keesokan harinya saya bangun jam 7 pagi, dan breakfast di hotel. setelah itu saya bersiap check out dan melanjutkan city Tour. saya pun check out dan melanjutkan city tour. pertama yang saya tuju adalah Kantor Dinas Pariwisata Kota Malang di Perkantoran Terpadu gedung A lantai 3 Jalan Mayjen Sungkono Malang. untuk mencari alamat kali ini, saya kembali bertanya pada polisi yg bertugas di jalan. setelah mendapatkan arah kantor tersebut saya melanjutkan perjalanan. sekedar info. tujuan saya ke kantor Dinas pariwisata yaitu agar mendapatkan informasi yang jelas tentang potensi dan letak objek wisata yang ada di Malang. setelah sekitar 20 menit menyusuri jalan sesuai dengan yang ditunjukkan oleh polisi tersebut saya kembali bertanya ke orang di pinggiran jalan dan merteka menunjukkan kantor yang begitu besar perpaduan antara warna silver, biru, putih dan merah. menurut saya ini adalah kantor yang cukup megah. setelah saya masuk didalam kanbtor. waooww didalam kantor itu banyak orang yang antri, namanya juga kantor terpadu. saya kembali melanjutkan langkah dengan menaiki tangga ke lantai 3. saya merasa kantor cukup hening. hanya ada 2 orang Pegawai diluar yang sedang asyik mengobrol. awalnya saya merasa kecewa dengan pegawai disana yang terkesan cuek dengan saya. tetapi begitu saya berkata menghampiri pegawai tersebut, mereka ternyata merespon maksud dan tujuan saya untuk berwisata di kota Malang. pegawai tersebut minta ijin sebentar untuk mengambilkan brosur dan peta objek wisata. setelah beberapa menit, pegawai tersebut datang sembari menyodorkan 2 buah buku dan beberapa brosur dan mempersilahkan saya untuk bertanya. setelah merasa cukup informasi saya pamit dan di beri tahu tentang TIC "tourist information center" di pojok alun-alun Malang. perjalanan saya selanjutnya yaitu ke TIC melewati Gor Ken Arok, pasar comboran, dan sampai  ke` TIC. di tempat ini saya mendapatkan informasi city tour & tour malang secara lengkap. berikut ini beberapa Tempat yang berhasil saya kunjungi.

Day 1 :
Hotel ARMI
Masjid Jami
Gajayana Stadium
Graha Cakra

Day 2 :
Baru Inn Home Stay
Batu secret zoo
Alun-alun kota batu
Jatim Park 1
Jatim Park 2
BNS "batu night spectacular"
selecta
desa wisata bunga

Day 3 :
Rukmi Home stay
Bakso President
Monument Tentara Pelajar
Gereja Maria Bunda Carmel
kawasan ijen
Universitas Brawijaya
Universitas Negeri Malang "UM"
Universitas Islam Negeri
Universitas Muhammadiyah Malang

Day 4 & 5 :
Bromo
Segara Anakan
wisata dayung

Trip to Segara Anakan,
 Segara Anakan merupakan danau air asin yang juga termasuk bagian dari Cagar Alam Pulau Sempu. Pulau Sempu terletak 77 km ke arah selatan Malang yang dapat ditempuh dengan waktu + 2 jam dari kota malang, melalui Turen. untuk mencapai pulau sempu, dari turen kita ke pantai Sendang Biru, kemudian Menyeberang ke pulau sempu dengan perahu sewa yang telah di sediakan nelayan. menyeberang ke`pulau Sempu tidaklah bebas, melainkan harus mengantongi ijin dari BKSDA "Badan Konservasi Sumber Daya Alam " di Surabaya. tetapi jika kita tidak sempat ke Surabaya, bisa juga melalu ijin Pengelola Cagar Alam pulau Sempu dengan mengisi surat pernyataan. selain itu, perahu dan guide lokal hanya mengantarkan pengunjung sampai dengan pukul 13.00 karena untuk mencapai Segara Anakan pengunjung harus melakukan tracking atau berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang berlumpur dan terjal selama + 2,5 jam. perjalanan ini sungguh melelahkan, tetapi rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan keindahan Segara Anakan. Happy Holiday

gerbang perbatasan kab.Malang - Kab Blitar

Batu secret zoo

Museum Satwa

Hotel Pohon inn

view di depan museum satwa

alun-alun kota Batu

Kran Air Siap Minum di Alun2 kota Batu

Bianglala alun-alun kota Batu

view kota batu dari atas Bianglala

alun-alun tampak dati atas

plaza kota batu

view alun-alun  batu

Apel sebagai ikon kota Batu

Rumah Hantu @BNS

Kantor Cagar alam Pulau sempu di Sendang biru

pijakan kaki pertama di pulau sempu

jalur tracking yang penuh lumpur